Monday, 23 May 2016

Kisah Palsu Kucing Nabi Muhammad saw?!


Anda pernah mendengar kisah tentang kucing peliharaan Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam? Dalam kisah yang banyak beredar di internet disebutkan:

Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam memiliki seekor kucing yang diberi nama Mueeza (Muizzah). Suatu saat, di kala Nabi hendak mengambil jubahnya, ditemuinya Mueeza sedang terlelap tidur dengan santai di atas jubahnya. Tak ingin mengganggu hewan kesayangannya itu, Nabi pun memotong belahan lengan yang ditiduri Mueeza dari jubahnya.
Ketika Nabi kembali ke rumah, Muezza terbangun dan merunduk sujud kepada majikannya. Sebagai balasan, Nabi menyatakan kasih sayangnya dengan mengelus lembut ke badan mungil kucing itu sebanyak 3 kali. Dalam aktivitas lain, setiap kali Nabi menerima tamu di rumahnya, nabi selalu menggendong mueeza dan di taruh dipahanya. Salah satu sifat Mueeza yang Nabi sukai ialah ia selalu mengeong ketika mendengar adzan, dan seolah-olah suaranya terdengar seperti mengikuti lantunan suara adzan. Kepada para sahabatnya, Nabi berpesan untuk menyayangi kucing peliharaan, layaknya menyanyangi keluarga sendiri.
Sungguh kisah yang sangat menarik, betapa seseorang setingkat Rasulullah pun menyayangi kucing demikian besarnya. Namun, kisah tentang kucing peliharaan Nabi ini tidak disebutkan sama sekali dalam kitab-kitab hadits, yang arttinya kisah ini adalah kisah palsu. Sehingga kaum Muslimin haram untuk menyebarkannya.
Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda,
إِنَّ كَذِبًا عَلَىَّ لَيْسَ كَكَذِبٍ عَلَى أَحَدٍ ، مَنْ كَذَبَ عَلَىَّ مُتَعَمِّدًا فَلْيَتَبَوَّأْ مَقْعَدَهُ مِنَ النَّارِ
“Sesungguhnya berdusta atas namaku tidaklah sama dengan berdusta pada selainku. Barangsiapa yang berdusta atas namaku secara sengaja, maka hendaklah dia menempati tempat duduknya di neraka.” (HR. Bukhari no. 1291 dan Muslim no. 4).
Beliau Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam juga bersabda,
مَنْ رَوَى عَنِّى حَدِيثًا وَهُوَ يَرَى أَنَّهُ كَذِبٌ فَهُوَ أَحَدُ الْكَاذِبَيْنِ
“Siapa yang meriwayatkan dariku suatu hadits yang ia menduga bahwa itu dusta, maka dia adalah salah seorang dari dua pendusta (karena meriwayatkannya).” (HR. Muslim) 
Kisah Palsu Kucing Nabi Muhammad saw?! Daeng Selili Rating: 5 Monday, 23 May 2016
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

ping!